Monday, July 4, 2011

10 IKAN TERCANTIK DI DUNIA

1. Mandarinfish

Ada 2 jenis dari spesies ini: Mandarinfish standard dan Psychedelic Mandarin. Mandarinfish standard biasanya memiliki pola dan warna yang lebih cantik dibanding Psychedelic.

Harganya juga lebih tinggi, tapi yang menjadi masalah adalah makanannya. IKan ini cuma makan mikro-invertebrata yang hidup di perbatuan koral.

Bagi membolehkan memeliharanya di akuarium rumah, kita perlu memiliki perbatuan koral yang cukup di dalam akuarium selama sebulan untuk membiarkan ikan ini menyesuaikan diri dengan kawasan barunya.

2. Discus

Ikan ini merupakan spesies ikan air tawar yang mungkin merupakan ikan air tawar yangg paling cantik. Harganya juga sangat mahal.

3. Lionfish

Ikan ini disebut juga Zebrafish. Tulang belakangnya itu memiliki racun yang sangat menyakitkan dan cukup efektif. Orang yg memeliharanya pastinya harus berhati-hati semasa membersihkan akuariumnya.

4. Moorish Idol

Ikan ini tergolong dalam kategori sukar untuk dipelihara di akuarium rumah, dan juga sangat mahal harganya.

5. Koi

Ada banyak variasi warna dari ikan koi (lebih 100). Koi dapat memiliki warna oren, merah, putih, keemasan, atau hitam. Beberapa penggemar koi rela membayar harga yang mahal untuk seekor koi semata-mata untuk mencari pola warna koi yang langka.

6. Flame Angel

Ikan ini mempunyai hubungan yang rapat dengan Coral Beauty. Sifatnya sama seperti Coral Beauty, tapi sifatnya tidak 'seteguh' Coral Beauty.

7. Coral Beauty

Ikan ini tergolong dalam Angelfish. Ikan-ikan ini boleh disimpan dalam akuarium rumah dan dapat bertahan hidup dengan baik di dalam habitatnya.

8. Regal Tang

Ikan ini tergolong dalam keluarga Surgeonfish, yang memiliki pisau kecil dari zat kapur yang dapat disembunyikan di depan sirip ekornya.

Pisau kecil ini digunakan terutama untuk sistem pertahanan dalam menghadapi pemangsa.

9. Parrotfish

Dinamakan demikian kerana bentuk mulutnya yang mirip paruh burung. Ikan ini menggunakan mulutnya yang seperti paruh itu untuk memecah dan memakan invertebrata kecil yang hidup di daerah koral.

Biasanya mereka akan memakan benda-benda di perbatuan batuan koral atau pasir-pasir laut lalu mengunyah invertebrata yang ada di dalamnya, lalu membuang sisa-sisanya.

10. African Cichlids

Ikan ini dipanggil sebagai "Sick-Lids". Ikan ini ditemui di tiga danau di Afrika: Malawi, Tanganyika, dan Victoria. Spesies yang ada di Danau Victoria jumlahnya kurang seragam dan kurang berwarna-warni dibandingkan dengan lainnya.

Biasanya ikan ini membesar sehingga 6-7 inchi,kecuali Spesies Frontosoa yangg boleh membesar sehingga 12-14 inchi. Ikan-ikan ini adalah ikan-ikan air tawar yang boleh dipelihara di akuarium rumah.

Selain di Afrika, ada juga spesies ikan ini yang hidup di perairan Amazon, tapi ukurannya lebih besar dan lebih agresif dari yang ada di Afrika. ~

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...